diposkan pada : 16-12-2021 20:59:00

Dilihat : kali

Tahukan Bunda kalau sekitar 80% hingga 90% kandungan ASI adalah air?

Bunda mungkin akan sering merasa haus saat menyusui Si Kecil. Hal itu wajar terjadi kok Bunda, jadi tidak usah panik ya. Ini karena bayi mengonsumsi sekitar 25 hingga 35 ons susu setiap hari. Begitu banyak cairan yang keluar dari tubuh Bunda untuk memproduksi susu. Jadi, tak heran kenapa Bunda selalu haus.

Nah, air putih baik untuk kesehatan tubuh loh. Sayangnya, Bunda sering tidak menyadari pentingnya asupan air putih harian. Padahal, kekurangan air putih bisa berdampak buruk untuk kesehatanApalagi Bunda sedang menyusui, kebutuhan air putih Bunda juga pasti meningkat.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini yuk Bunda!

Air Putih itu penting

Bunda, air merupakan elemen penting bagi tubuh. Terlebih jika Bunda sedang menyusui Si Kecil, asupan air putih pasti ikut bertambah ya, Bun. Kebutuhan air biasanya dihitung berdasarkan konsumsi makanan. Untuk setiap kalori yang dikonsumsi, Anda membutuhkan 1,5 hingga 2 liter air setiap hari. 

Saat Bunda menyusui, kebutuhan air meningkat karena tubuh membutuhkan cairan untuk memproduksi ASI. Selain itu, tubuh Bunda juga membutuhkan cadangan air agar tetap terhidrasi. 

Jika Bunda kurang minum air putih akan sangat berdampak bagi ASI. Tubuh membutuhkan air untuk memproduksi ASI dan untuk cadangan tubuh, terlebih 88% kandungan ASI adalah air,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Tubuh Bunda akan menarik apa yang dibutuhkan Si Kecil dari ASI secara alami. Jika Bunda tidak mendapatkan cukup kalsium, misalnya, tubuh Bunda akan mengambil cadangan kalsium untuk memproduksi ASI sehingga memengaruhi tulang Bunda. Hal ini berlaku juga pada asupan air putih yang Bunda konsumsi. Jika Bunda tidak mendapatkan air yang cukup, tubuh Bunda mungkin akan mengalami gejala seperti:

  • bibir pecah-pecah
  • kulit kering dan gatal
  • sakit kepala
  • kelelahan
  • kurang energi

Jika Bunda mengalami dehidrasi berat, metabolisme tubuh akan melambat sehingga produksi ASI menurun. 

Air putih yang cukup

Cara terbaik untuk menjaga diri tubuh Bunda tetap terhidrasi saat menyusui adalah dengan meletakkan botol air di sekitar Bunda. Tujuannya agar Bunda selalu ingat untuk minum air putih. 

Ibu menyusui membutuhkan sekitar 3,1 hingga 3,8 liter cairan setiap harinya. Cairan ini bukan hanya dari air putih saja, tetapi juga buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik, Bunda cukup memperhatikan warna urin. Jika tubuh kekurangan cairan, Bunda akan mengalami kulit dan bibir, serta sembelit”.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Jadi, mulai sekarang perhatikan asupan air putih Bunda tercukupi ya demi kelancaran ASI dan kesehatan Bunda. Selain itu, Bunda bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI Booster untuk meningkatkan kesehatan sekaligus meningkatkan kuantitas ASI. 

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet,

Pastikan ASI Bunda tidak kering dan terus bisa banjir, agar dede bayi bisa asi eksklusif selama 2 Tahun yah.

Almoon Milk Plus membantu meningkatkan dan melancarkan ASI dengan waktu yang singkat, tidak ketergantungan.

jual obat ASI Seret di Kepulauan Riau

Posting by Admin

jual obat ASI Seret di Kepulauan Riau Bentuk Puting Berakibat Pada Lancarnya ASI Bunda Loh! Pada saat menyusui, Bunda sering merasa khawatir kepada bentuk puting yang tidak lazim.  “Nanti ASI saya banyak tidak ya?” atau  “Kira-kira anak saya sulit menyusu tidak ya?’ Segala persoalan itu bisa jadi selalu terbayang dalam pikiran Bunda. Daripada khawattir terus, sebaiknya Bunda mencari tahu tentang bentuk dan ragam puting da



41 Kali